Rabu, 03 November 2010

Circular flow diagram



Circular Flow Diagram

Gambar diatas menunjukkan sebuah diagram dari Pelaku Ekonomi Makro, di mana yang menjadi pelaku pertamanya adalah berasal dari rumah tangga. Pelaku ekonomi ini menghasilkan tenaga kerja dalam pasar tenaga kerja. Pendapatan yang didapat dari pasar tenaga kerja akan digunakan untuk membeli makanan, pakaian, mmbiayai jasa pengangkutan, membayar pendidikan anak, membayar sewa, membeli kendaraan, dll. Semuanya itu didapatkan dari pasar barang. Pendapatan lain yang juga bisa diterima yaitu melalui lembaga keuangan,dalam hal ini contohnya Bank. Bank memberikan bunga bank kepada mereka apabila mereka menympan uangnya disana. Selain mendapatkan penghasilan, rumah tangga mempunyai kewajiban lain terhadap pemerintah yaitu membayar pajak, seperti pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, dll. Pendapatan pajak digunakan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur atau pembangunan agar lebih baik lagi agar bisa dnikmati oleh pelaku ekonomi atau yang lainnya.

Pelaku ekonomi kedua yaitu Perusahaan. Perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk memproduksi barang yang diinginkan. Perusahaan bisa mendapatkannya melalui pasar tenaga kerja. Keuntungan yang didapat perusahaan dari hasil penjualan barang ini digunakan perusahaan untuk membayar gaji/upah para tenaga kerjam membeli fasilitas lain untuk perusahaan misalnya mobil atau yang lainnya. Perusahaan juga mempunyai kewajiban lain yaitu membayar pajak kepada pemerintah seperti pajak kendaraan atau yang lainnya. Apabila perusahaan ingin memperluas usahanya dan membutuhkan dana, maka perusahaan bisa memperolehnya melaui lembaga keuangan (Bank). Bank akan memberikan dana pinjaman dan perusahaan harus mencicil pembayaran beserta bunga pinjaman yang telah ditentukan dan disepakati bersama.

Pelaku ekonomi ketiga yaitu Pemerintah. Pemerintah menerima pendapatan berupa pajak, baik pajak langsung maupun tidak langsung. Pendapatan tersebut digunakan pemerintah untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan melalui pasar barang. Pemerintah bisa mendapatkan tenaga kerja melaui pelaku ekonomi rumah tangga, misalnya guru untuk membantu pemerintah dalam dunia pendidikan. Sebagian dari pendapatan pemerintah itu digunakan untuk membayar tenaga guru tersebut.

Pelaku ekonomi keempat yaitu Lembaga Keuangan (Bank). Bank menerima tabungan, deposito dari rumah tangga atau perusahaan. Dan rumah tangga akan mendapatkan pendapatan berupa bunga dari hasil penyimpanan tersebut. Selain itu bank juga memberikan dana pinjaman kepada rumah tangga atau perusahaan jika mereka membutuhkan dana tersebut dan mereka harus membayar angsuran pinjaman tesebut nantiya beserta bunga pinjaman. Dari pendapatan bunga pinjaman ini digunakan Bank untuk modal dalam memperluas usahanya itu. Bank juga merupakan supplier dalam menyediakan uang giral di pasar uang.

Pelaku ekonomi terakhir adalah yaitu negara-negara lain. Melalui pasar luar negreri, permintaan dunia akan barang-barang ekspor dalam negeri bertemu dengan penawaran barang-barang tersebut yang dapat disedikan oleh para eksportir. Negara-negara lain juga merupakan supplier dipasar barang dalam menyedikan kebutuhan barang import. Mereka juga membeli barang di pasar untuk perusahaannya yang ada di dalam negeri. Negara-negara lain juga bisa membeli hasil-hasil ekspror negara kita. Dari keuntungan penjualan ekspor ini dapat menembah jumlah pendapatan negara kita.

Jadi, antara pelaku ekonomi yang satu dengan yang lainnya sebenarnya saling berkaitan erat dan kesemuanya itu sama-sama saling memberikan kemudahan dan keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar